Pingala Nadi

NADI PINGALA

rightchannel

Nadi Pingala atau saluran energi kanan juga disebut dengan Jalur Matahari (=”yang”).

Saluran/sistem syaraf simpatetik kanan ini dimulai dari cakra Swadisthan dan menuju sisi kanan tubuh manusia, naik sepanjang sumbu tulang belakang sampai ke Cakra Agnya. Pada Cakra Agnya ini Nadi menyilang ke sisi kiri membentuk struktur seperti balon yang disebut Ego.

Nadi ini menyediakan saluran untuk energi kita dalam beraktifitas, baik aktifitas mental maupun fisik. Ketika permintaan untuk energi ini terlalu besar, sisi kiri akan melemah; keinginan untuk mendapatkan sukacita menguap. Ketika sisi kanan mendominasi, pribadi yang bersangkutan akan menjadi sangat keras dan agresif. Kelebihan tekanan yang mencapai pelipis kiri dan menuju balon ego, menyebabkan balon ego membesar dan menghalangi saluran pusat. Seluruh system tubuh akan kehilangan keseimbangannya. DIbutakan oleh ego, sensitifitas terhadap emosi kita akan berkurang. Keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mendominasi atau mengganggu kehidupan orang lain dengan kepercayaan bahwa tindakan-tindakan itu memang “perlu” dan “masuk akal (logika)” untuk dilakukan. Pada tingkat yang ekstrim, kelakuan sisi kanan ini akan menyebabkan penyakit hati.

Lingkungan yang mutakhir (high tech, high powered, “fast-track”) pada kehidupan kota-kota dunia barat mendorong terbentuknya masyarakat yang cenderung bersisi kanan. Sangatlah sulit untuk mempertahankan keseimbangan antara emosi dan tindakan ketika bekerja, lingkungan sekolah dan pekerjaan sangat agresif dan menyebabkan stress. Sangatlah sulit pula untuk mempertahankan sebuah rumah yang damai dimana ketidakseimbangan dan pengaruh-pengaruh negatif dapat diperbaiki dan dimurnikan. Sebaliknya, sebagian besar dari kita kembali bekerja atau bersekolah dengan pengaruh-pengaruh negatif masa lalu yang terakumulatif, yang melekat pada system tubuh kita.

Latihan-latihan dalam Sahaja Yoga efektif untuk membersihkan pengaruh-pengaruh negatif tersebut dan untuk menyeimbangkan cakra-cakra dan saluran-saluran energy. Menggunakan meditasi dan teknik yang sederhana, misalnya footsoak, berbaring di tanah, sweeping the aura, dan shoebeating, kita akan dapat memulai setiap hari dengan sukacita dari cakra-cakra yang bersih dan tenaga yang cukup dari system tubuh yang telah seimbang.

Iklan