Teknik Bandhan

Catatan :

Teknik dibawah ini  hanya ada manfaatnya jika sudah mendapatkan pencerahan diri. Jika belum mendapatkan pencerahan diri, tidak ada manfaatnya. Bagi yang belum mendapatkan, silahkan mencoba di https://jaishrimataji.wordpress.com/pencerahan-diriself-realization-online-text-version/

Teknik Bandhan


Di sahaja yoga, dikenal gerakan tangan yang disebut “Bandhan”. Bandhan bertujuan untuk memperkokoh keadaan energi kundalini dan untuk melindungi sistem tubuh halus kita.
Sangat baik untuk dilakukan sebelum dan sesudah meditasi, atau ketika hendak keluar dari rumah.


Hasil paling bagus dapat dicapai jika dilakukan dengan menggunakan foto.


Meskipun gerakan2 nya sangat sederhana, jika dilakukan dengan penuh atensi dan “hormat” terhadap Ibu Kundalini kita, perlindunganNya dapat dirasakanlewat vibrasi angin sejuk yang mengalir lewat sistem syaraf tubuh kita.

Catatan: selama melakukan gerakang-gerakan dibawah, diusahakan atensi selalu di cakra sahasrara (cakra ke-7, cakra mahkota)

Bagi yang dapat melihat video, silahkan melihat demonstrasi oleh Shri Mataji sendiri di berikut ini.



Tahap Pertama: Menaikkan Kundalini


Langkah 1 Telapak tangan kiri di depan tulang sakrum (dari depan: di sekitar  bawah pusar sedikit)


Langkah 2 Telapak tangan kiri naik ke atas, dan tangan kanan memutari searah jarum jam.


Langkah 3 Kedua tangan di atas kepala membentuk suatu ikatan.


Langkah 4 Ulangi langkah 1 -3  sebanyak 3 kali.  Dengan catatan,  untuk ulangan yang ke 2 kali, ikatan di atas kepala dibuat 2 kali, untuk ulangan yang ke 3 kali, ikatan di atas kepala dibuat 3 kali.

Tahap Kedua: Bandhan (Proteksi)


Langkah 1. Letakkan tangan kanan  di atas tangan kiri


Langkah 2 Naikkan tangan kanan melewati atas kepala seperti membuat setengah lingkaran, sampai menyentuh paha kanan.


Langkah 3 Naikkan kembali tangan kanan melewati atas kepala seperti membuat setengah lingkaran, sampai kembali di atas tangan kiri kembali.


Langkah 4 Ulangi langkah 1 -3 sebanyak 7 kali.  Untuk hasil lebih baik: putaran ke-1 , taruh atensi di cakra ke-1, putaran ke-2, taruh atensi di cakra ke-2,  putaran ke-3 , taruh atensi di cakra ke-3, dan seterusnya.