Meditasi dengan elemen

Meditasi dengan menggunakan elemen

Teknik-teknik dalam catatan berikut ini bisa juga dicoba. Ingatlah, bahwa tip-tip ini hanya berguna bagi yang telah mendapatkan pencerahan diri. Bagi yang belum mendapatkan pencerahan diri, tip-tip di bawah tidak terlalu berguna.

  1. Cobalah untuk mendeteksi cakra mana yang perlu pembersihan sambil merasakan ujung-ujung jari anda. Lihatlah pada diagram cakra, cakra mana yang berhubungan dengan ujung jari/area yang terasa sakit atau berat. Contoh, ujung jari telunjuk yang sakit menunjukkan bahwa cakra Visuddhi (cakra no.5) memerlukan pembersihan.
  2. Meditasi di atas tanah/bumi, sangatlah bagus untuk cakra dasar (Muladhara).
  3. Meditasi dengan rendam kaki di air, bagus untuk semua cakra, terutama cakra Muladhara, Swadhistan, Nabhi, dan Void.
  4. Mengheningkan diri sambil memejamkan mata menghadap matahari dan membelakangi matahari (sinar matahari usahakan jatuh di tengah2 bagian belakang kepala) sangat baik untuk cakra Agnya.
  5. Pemijatan kepala dengan menggunakan minyak kelapa sangat bagus untuk membantu pembersihan seluruh cakra.
  6. Meditasi sambil menaruh tangan kanan menghadap/menyentuh bumi dan tangan kiri menghadap foto
    (jika tidak ada foto cukup telapak tangan menengadah ke atas) sangat baik untuk membersihkan jalur kiri (ida nadi)
  7. Meditasi sambil menaruh tangan kiri menghadap ke langit-langit (ujung jari saja yang menghadap ke langit, seperti memberi salam ) dan tangan kanan menghadap ke foto (jika tidak ada foto cukup telapak tangan menengadah ke atas) sangat baik untuk membersihkan  jalur kanan (pingala nadi)
  8. Meditasi sambil menaruh atensi sedikit ke udara yang masuk dan keluar lewat hidung sangat baik untuk cakra Anahata (hati) dan cakra Visuddhi.