Teknik setelah pencerahan-diri

CATATAN KHUSUS: Teknik-teknik dibawah ini hanya berguna bagi yang telah mendapatkan pencerahan-diri. Bagi yang belum mendapatkan pencerahan-diri,  silakan mencoba dengan di halaman berikut (klik di sini).

Shri Mataji Nirmala DeviShri Mataji Nirmala Devi

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk meditasi bagi yang telah mendapatkan pencerahan diri.

  1. Akan sangat baik jika meditasi dilakukan di depan foto Shri Mataji untuk pemula, sebab dari foto Shri Mataji sebenarnya ada aliran energi yang membantu kita untuk lebih mudah bermeditasi. (Bagi yang cukup sensitif, ketika kedua telapak tangan di hadapkan ke foto Shri Mataji, akan dapat dirasakan angin sejuk dari/ke telapak tangan.)
  2. Silakan duduk tenang dan kedua telapak tangan di taruh di atas paha, menghadap ke atas (Jika ada foto, arah duduk menghadap ke foto). Atensi di taruh di atas kepala (cakra mahkota/sahasrara) atau di
    tengah-tengah dada.
  3. Tenangkan diri, sambil mengatur nafas perlahan2 lewat hidung.
  4. Tangan kanan digerakkan perlahan-lahan dari bawah perut tengah, melalui garis tengah badan, sampai ke atas kepala, seakan-akan menaikkan “air” dari bawah keatas. Coba rasakan ujung-ujung jari dan kundalini yang turut naik seiring dengan gerakan tangan kanan. Silakan dilakukan 2- 3 kali sampai atensi benar-benar stabil di atas kepala (tangan kiri dibiarkan relaks di atas paha).
  5. Coba di rasakan vibrasi di atas kepala dengan menggunakan tangan kanan (tangan kiri menghadap ke foto atau dibiarkan relaks di atas paha). Kemudian ganti rasakan vibrasi di atas kepala dengan menggunakan tangan kiri ( tangan kanan menghadap ke foto atau dibiarkan relaks di atas paha). Ada baiknya kepala agak ditundukkan ketika mengecek vibrasi.
  6. Kedua tangan kembali di taruh relaks di atas paha, sambil “meletakkan” atensi di atas kepala di lokasi anda merasakan vibrasi, tanpa konsentrasi.
  7. Berdiam diri sambil  pasrah kepada Yang Kuasa, tanpa melakukan apa-apa. Pasrahkan diri anda untuk perlahan-lahan memasuki keadaan tanpa pikiran.
  8. Jika ada pikiran kesana-kemari, tidak usah bereaksi. Lihatlah pikiran2 itu dan reaksi-reaksi dalam pikiran seakan riak2 dari kolam yang tenang. Pasrahkan semua pikiran2 itu kepada Yang Kuasa sambil bersikap “memaafkan” pikiran2 tersebut. Bisa juga dalam hati mengucapkan, “Ya Tuhan kuma’afkan dan  kupasrahkan segalanya, termasuk diriku sendiri.” Coba rasakan bagaimana aliran2 pikiran anda mulai melambat dan akhirnya berhenti.
  9. Nikmatilah keadaan tanpa pikiran untuk beberapa menit atau detik.
  10. Untuk mengakhiri meditasi, bisa diulang langkah (4)-(5).

Teknik-teknik dalam catatan berikut ini bisa juga dicoba. Ingatlah, bahwa tip-tip ini hanya berguna bagi yang telah mendapatkan pencerahan diri. Bagi yang belum mendapatkan pencerahan diri, tip-tip di bawah tidak terlalu berguna.

  1. Cobalah untuk mendeteksi cakra mana yang perlu pembersihan sambil merasakan ujung-ujung jari anda. Lihatlah pada diagram cakra, cakra mana yang berhubungan dengan ujung jari/area yang terasa sakit atau berat. Contoh, ujung jari telunjuk yang sakit menunjukkan bahwa cakra Visuddhi (cakra no.5) memerlukan pembersihan.
  2. Meditasi di atas tanah/bumi, sangatlah bagus untuk cakra dasar (Muladhara).
  3. Meditasi dengan rendam kaki di air, bagus untuk semua cakra, terutama cakra Muladhara, Swadhistan, Nabhi, dan Void.
  4. Mengheningkan diri sambil memejamkan mata menghadap matahari dan membelakangi matahari (sinar matahari usahakan jatuh di tengah2 bagian belakang kepala) sangat baik untuk cakra Agnya.
  5. Pemijatan kepala dengan menggunakan minyak kelapa sangat bagus untuk membantu pembersihan seluruh cakra.
  6. Meditasi sambil menaruh tangan kanan menghadap/menyentuh bumi dan tangan kiri menghadap foto
    (jika tidak ada foto cukup telapak tangan menengadah ke atas) sangat baik untuk membersihkan jalur kiri (ida nadi)
  7. Meditasi sambil menaruh tangan kiri menghadap ke langit-langit (ujung jari saja yang menghadap ke langit, seperti memberi salam ) dan tangan kanan menghadap ke foto (jika tidak ada foto cukup telapak tangan menengadah ke atas) sangat baik untuk membersihkan  jalur kanan (pingala nadi)
  8. Meditasi sambil menaruh atensi sedikit ke udara yang masuk dan keluar lewat hidung sangat baik untuk cakra Anahata (hati) dan cakra Visuddhi.