Tanya Jawab Umum mengenai Sahaja Yoga

Shri Mataji Nirmala Devi dengan para sahaja yogi

Apakah sebenarnya meditasi itu?

Apakah sebenarnya yoga itu?

Apakah manfaat sahaja yoga?

Apakah tujuan sebenarnya Sahaja Yoga ?

Berapakah kita harus membayar di sahaja yoga?

Apa syaratnya untuk mencoba sahaja yoga ?

Bagaimana caranya menjadi “anggota” di sahaja yoga?

Apakah sahaja yoga berhubungan dengan agama tertentu?

Apakah sebenarnya meditasi itu?

Meditasi adalah suatu “pengalaman pribadi” untuk memasuki suatu kesadaran diatas pikiran, kekuatiran, dan keadaan emosi, dimana kita bisa merasakan keadaan batin yang aman dan damai sambil dalam keadaan sepenuhnya waspada dan terjaga. DI sahaja yoga kesadaran ini dapat dicapai dan diperkuat dengan sangat cepat. Orang yang dapat memasuki keadaan ini secara teratur akan menjadi lebih sehat dan tenang, dengan pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan.

Top

Apakah sebenarnya yoga itu?

“Yoga” secara harfiah bisa diartikan sebagai “menyatu dengan Yang Kuasa” atau “terhubung sepenuhnya dengan Yang Kuasa”. Kebanyakan orang-orang di jaman sekarang sering mengartikan yoga sebagai olah-raga senam dengan berbagi postur dan latihan pernapasan. Latihan-latihan fisik ini sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari sistem yoga tradisional yang sebenarnya, dimana tujuan yoga adalah mencapai “kesatuan” atau “keterhubungan sepenuhnya” dengan membangkitkan “Diri Sejati” yang ada di dalam diri kita melalui meditasi. Hal ini sebenarnya juga berkaitan dengan pengertian yang lebih mendalam akan diri kita dan sebab-sebab mengapa kita berbuat sesuatu dengan cara tertentu dan mengapa kita merasakan sesuatu dengan rasa tertentu.

“Sahaja” berarti “terbawa secara lahiriah”. Di sahaja yoga kita menggunakan kekuatan yang sudah ada dalam diri kita sejak lahir untuk mencapai suatu keeadaan dimana kesadaran kita menjadi seimbang dan damai. Kita akan memperoleh suatu kesadaran baru dimana kita bisa merasakan melalui sistem syaraf kita  apa-apa sendiri yang bisa mengganggu keseimbangan hidup kita. Kesadaran baru ini dapat dipupuk dan dikembangkan dengan mudah lewat meditasi dan beberapa teknik yang sangat mudah untuk dikuasai, sehingga kita dapat menuntun diri sendiri untuk menjadi “guru” bagi diri kita sendiri.

Apakah manfaat sahaja yoga?

Manfaat utama sahaja yoga adalah  kita mendapatkan tuntunan untuk mencapai kesadaran spiritualitas yang lebih tinggi secara alamiah. Kesadaran baru ini terutama akan membantu kita untuk :

  1. lebih dapat merasakan secara nyata anugrah dari Yang Kuasa di kehidupan kita dan sesama di dalam setiap saat,
  2. mendeteksi ketidakseimbangan dan keseimbangan dalam diri kita maupun sekitar lewat sistem syaraf kita sendiri,
  3. menjadi lebih seimbang baik dalam fisik, mental, dan emosional,
  4. memahami dengan jelas hubungan antara spiritualitas, kesehatan (baik mental maupun fisik),  dan sains (baik tradisional maupun moderen).

Telah banyak penelitian di berbagai institusi internasional yang memperlihatkan efek positif sahaja yoga terhadap kesehatan. Salah satu penelitian dari kerja sama dengan RS Liverpool di Sidney (Liverpool Hospital Sidney) menunjukkan peningkatan kesehatan drastis oleh penderita-penderita asma setelah mereka mencoba sahaja yoga. Penelitian mengenai sahaja yoga di berbagai negara lainnya juga menunjukkan peningkatan kesehatan oleh penderita epilepsi dan migrane. Banyak orang juga melaporkan peningkatan kesehatan  bahkan sembuh total setelah mencoba sahaja yoga, meskipun mereka dinyatakan berada dalam keadaan tak tersembuhkan dengan obat-obatan masa kini.

Banyak juga contoh kasus kecanduan minuman keras dan obat-obat terlarang dimana orang yang sebelumnya kecanduan berat menjadi sembuh dalam waktu yang singkat setelah mencoba sahaja yoga.

Top

Apa tujuan sebenarnya  Sahaja Yoga ?

Untuk menyediakan sarana yang benar, murni, dan nyata bagi semua orang yang berminat untuk mencapai peningkatan dan pengembangan diri dan/atau spiritual, sehingga tiap orang akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi lebih damai dan penuh kasih terhadap sesama secara alamiah. Jika tiap orang menjadi damai dan penuh kepedulian terhadap sesama, seluruh masyarakat akan menjadi lebih baik, damai, dan sejahtera dalam arti yang sesungguhnya.

Top

Berapakah kita harus membayar di Sahaja Yoga?

TIDAK SEPESERPUN. Kita tidak perlu membayar untuk mencoba sahaja yoga.  Sahaja yoga bersifat murni non-profit (tanpa menarik keuntungan) dan sukarela, sehingga tiap orang mendapatkan kesempatan untuk belajar di sahaja yoga tanpa tergantung oleh status ekonomi tertentu. Sampai saat ini, biaya kegiatan-kegiatan sahaja yoga di seluruh dunia semuanya hanya berasal dari sumbangan sukarela dari para praktisi  yang merasa mampu secara finansial dan mempunyai niat murni untuk mengembangkan dan menyebarkan sahaja yoga.

Top

Apa syaratnya untuk mencoba Sahaja Yoga ?

Selain niat yang murni untuk mencoba, tidak ada syarat tertentu untuk mencoba sahaja yoga. Semua orang dapat mencoba, tidak terbatas oleh ras, aliran, agama, umur, pria/wanita, maupun suku bangsa.

Bagaimana caranya menjadi “anggota” di Sahaja Yoga ?

Kita tidak bisa menjadi “anggota” di sahaja yoga sebab tidak ada “organisasi” secara struktural di sahaja yoga. Yang ada hanyalah kordinator lokal yang melayani urusan sehari-hari sahaja yoga di tiap negara.

Top

Apakah Sahaja Yoga berhubungan dengan agama tertentu ?

Semua pratisi sahaja yoga menghormati semua agama-agama suci dan kepercayaan terhadap Tuhan YME yang murni  dan semua pendiri-pendiri nya. Di dalam sahaja yoga kita akan mendapatkan kesadaran dimana kita dapat merasakan dan melihat dengan nyata  bahwa tiap agama suci dan kepercayaan terhadap Tuhan YME yang murni yang ada adalah bagian dari satu pohon kehidupan.

Top